Pokok Pokok Pembicaraan

Holaa semua! Di tulisan ini gue akan bahas tentang pokok-pokok pembicaraan. Apa sih pokok-pokok pembicaraan itu? pokok-pokok pembicaraan adalah bagian terpenting dalam suatu pembicaraan, yang menunjukkan sebenernya apa sih yang sedang dibicarakan atau didiskusikan. 

Ngomongin soal berbicara, berbicara adalah salah satu keterampilan inti dalam berbahasa indonesia. Apa saja keterampilan inti itu?
  1. Membaca
  2. Menulis
  3. Berbicara
  4. Menyimak
Karena kita sekarang lagi bahas tentang pokok-pokok pembicaraan, keterampilan yang akan lebih kita gunakan adalah berbicara dan menyimak. Kalo berbicara kita semua udah jago lah yaa, karena kita setiap hari pasti berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita dengan berbicara. Oleh karena itu, gue akan lebih membahas tentang menyimak.



Mungkin kalian bingung gitu, kenapa menyimak? kenapa bukan mendengarkan? nahh gue akan jelasin apa bedanya mendengarkan dan menyimak.
Mendengar itu, belum tentu kita menyimak dengan baik. Tapi, kalo kita menyimak udah pasti kita mendengarkan. Mendengar itu hanya sekedar masuk lewat telinga kiri, dan keluar lewat telinga kanan, kita tidak mencermati dengan baik apa yang sedang dibicarakan. Tapi, menyimak adalah mendengarkan dengan baik setiap point-point dan penjelasan yang sedang dibicarakan sehingga kita bisa menyampaikannya kembali ke orang lain. 

Tapi, ada 2 faktor nih yang bisa buat kita ga menyimak pembicaraan dengan baik, yaitu
  1. faktor dari dalam, disaat kita sedang menyimak pelajaran misalnya, pikiran kita ga ada di pelajaran tersebut tapi kita lagi mikirin hal-hal lain diluar dari pokok pembicaraan tersebut. Tentunya hal itu akan mengalihkan kita dari pembicaraan tersebut
  2. faktor dari luar, disaat kita menyimak, ada aja nih temen kita yang manggil kita untuk pinjem barang atau bahkan untuk ajak kita ngobrol dan kita jadinya ngobrol sama mereka bukannya menyimak orang yang sedang menjelaskan atau berbicara, sehingga ada point yang terlewati.
Karena sudah tau tentang berbicara dan menyimak, gue akan kasih kalian contoh kayak apa sih pokok pembicaraan itu.

Contoh simpelnya, temen kalian ada yang ngomong kayak gini: "eh kemaren gue liat si A loh, dia lagi jalan sama si B, pake baju item, rambutnya panjang gitu, trus pake sepatu putih gitu"
nahh apa sih pokok pembicaraan dari temen kalian itu? atau apa sih yang sebenernya temen kalian omongin?
Pokok pembicaraannya adalah temen kalian liat si A. Kenapa bukan si A jalan sama si B pake baju item dan bla bla bla? karena itu cuma keterangan pelengkap gitu dan fokusnya adalah temen kalian liat si A.

Segitu aja yang bisa gue share ke kalian tentang pokok-pokok pembicaraan, semoga bermanfaat ya!

No comments:

Post a Comment