Perjalanan Cornelis de Houtman ke Indonesia

halo semuaa! kali ini gue akan membahas tentang perjalanan Cornelis de Houtman ke Indonesia. Sebelumnya, siapa sih Cornelis de Houtman itu?

Cornelis de Houtman adalah seorang penjelajah Belanda yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah. 


Perjalanannya
Pada tahun 1592, Cornelis dikirim oleh para pedagang Amsterdam untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang kepulauan rempah-rempah, dan ia menemukan bahwa banten merupakan tempat yang paling tepat untuk membeli rempah-rempah. Kemudian pada tahun 1594, mereka mendirikan Compagnie van Herre yang artinya perusahaan jarak jauh. Mereka meninggalkan Amsterdam pada tanggal 2 April 1595 dan sampai di Pulau Jawa tepatnya di Banten, pada 27 Juni 1959. Awalnya para penduduk menerima mereka dengan hangat, namun setelah para masyarakat melihat tabiat kasar mereka, kapal Belanda itu diusir. Houtman melanjutkan perjalanannya ke arah utara Pulau Jawa, yaitu Madura. Di Madura terjadi kesalahpahaman antara awak kapal dan warga hingga seorang pangeran Madura terbunuh, sehingga beberapa awak kapal harus ditangkap dan Houtman harus membayar denda untuk melepaskan mereka. Setelah itu, perjalanan Houtman berlanjut ke Bali dan ia tewas di perjalanan keduanya di Aceh saat pertempuran Inong Balee pada 11 September 1599 dengan pertempuran satu melawan satu dengan Malahayati. 

sekian tentang perjalanan Cornelis de Houtman ke Indonesia, terima kasih!

No comments:

Post a Comment