Kualitatif dan Kuantitatif

Haloooo! Kualitatif dan kuantitatif, 2 kata ini pasti udah sering banget ya kita denger dalam penulisan makalah, pencarian data, dan lainnya. Tapi sebenernya kita udah ngerti dan paham ga sih apa itu kualitatif, kuantitatif, dan perbedaannya? Oleh karna ituu, gue akan bahas pengertiannya di tulisan kali ini.

Kualitatif
Jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Penelitian kualitatif biasanya dilakukan dengan metode wawancara atau observasi, dan data yang di dapat bisa berupa penjelasan, wawancara, dan catatan observasi dalam bentuk huruf atau kalimat. Penelitian ini lebih subjektif karena pada saat menumpulkan informasi, dilakukan wawancara dan berinteraksi langsung kepada responden sehingga bisa lebih fokus dan mendalam. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengembangkan konsep yang sudah ada sebelumnya.

Kuantitatif
Jenis penelitian yang mengambil data secara statistik, kemudian dilakukan perhitungan, sehingga hasil dari penelitian ini berupa grafik, diagram, dan tabel dalam bentuk angka, kode, dan perhitungan lainnya. Untuk mendapatkan data yang valid, diperlukan responden yang jauh lebih banyak. Penelitian kuantitatif biasanya digunakan untuk menguji sebuah teori, meyakinkan sebuah fakta, atau juga membuat prediksi dari teori yang digunakan. 


Sekian tentang kualitatif dan kuantitatif, semoga bermanfaat yaa!


No comments:

Post a Comment